Brazil 3 vs 0 Bolivia (Copa America 2019 Grup A)

Tuan rumah berhasil menundukkan Bolivia di laga pembuka Copa America 2019 grup A dengan skor telak 3-0 di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brazil. Kemenangan ini diraih Brazil melalui dua gol yang diciptakan oleh bintang Barcelona, Philippe Coutinho serta satu gol dari penyerang sayap yang bernama Everton.

Dengan kemenangan ini, Brazil sementara berada di posisi puncak klasemen grup A dengan perolehan 3 poin, sedangkan Bolivia berada di juru kunci dengan perolehan 0 poin. Kemenangan ini menjadi kemenangan Brazil yang ke-100 di ajang Copa America. Dari total 179 pertandingan yang dijalani oleh Brazil, mereka berhasil memperoleh 100 kemenangan, 35 imbang, dan 44 kekalahan.

Brazil memperoleh peluang emas mereka di menit ke-11 dimana Coutinho memberikan umpan cantik kepada Thiago Silva, tetapi sayang sekali tandukan Silva melenceng dari sasaran. Pasukan Selecao terus mendominasi jalannya pertandingan hingga menit ke-30 kesalahan dari kiper Bolivia, Carlos Lempe yang membuat bola jatuh di kaki Richarlison tetapi tembakannya itu masih bisa dihalau oleh bek Bolivia, Adrian Jusino. Dominasi Brazil di babak pertama tidak membuahkan hasil, sehingga babak pertama selesai dengan skor kacamata.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, terjadi insiden di dalam kotak penalti Bolivia saat tendangan dari Richarlison mengenai lengan kiri Adrian Jusino. Wasit di pertandingan ini, Nestor Pitana meninjau tayangan ulang VAR dan akhirnya menunjuk titik putih sehingga Brazil mendapatkan hadiah penalti. Philippe Coutinho yang menjadi algojo berhasil melesatkan tendangan keras ke pojok kiri bawah gawang yang dijaga oleh Carlos Lempe dan Brazil berhasil membuka keunggulan 1-0 atas Bolivia.

Tiga menit setelah gol pertama Brazil, Coutinho menggandakan keunggulan negaranya menjadi 2-0 melalui sundulan kepalanya. Roberto Firmino berhasil memberikan umpan silang ke mantan pemain Liverpool itu.

Pada menit ke-85,  Everton yang baru saja menggantikan Neres di menit ke-81 berhasil menambah keunggulan Brazil menjadi 3-0 berkat tekukan dari sisi kiri menusuk ke dalam kotak penalti lalu ia melesatkan tembakan lengkung ke tiang jauh yang tidak dapat dihalau oleh Carlos Lempe. Bolivia sempat mendapatkan peluang untuk mencetak gol hiburan di menit ke-88, tetapi Alisson Becker berhasil menangkap tembakan Leonardo Vaca dengan mudah.

Susunan Pemain Brazil:

Susunan Pemain Bolivia:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*